Tuesday, January 8, 2008

Life is An Interesting Journey

Tahun 2007, ketika ku lihat ke belakang sejenak. Ku lihat, sebuah jalan penuh liku. Jalan yang begitu jauh dan dengan medan yang tidak mudah. Namun ketika ku lihat ke depan, aku melihat sebuah jalan dengan medan yang sama yang baru saja ku lalui. Aku pun merasa lega, karena aku berhasil berjalan sampai sejauh ini, dengan sukses. Walau dalam perjalanan sebelumnya aku seringkali jatuh, terpleset bahkan salah arah, tapi walau perlahan dan tertatih, aku terus mencoba untuk bangkit, dan berjalan kembali menuju arah yang benar. Terkadang aku seperti anak kecil yang baru belajar berjalan, aku harus dipapah untuk bisa jalan dengan benar. Terkadang pula, aku benar-benar tidak bisa bangkit, butuh beberapa waktu untuk bisa kembali berjalan.

Itulah sebuah rangkaian kehidupan. Jalan tidak pernah mudah. Bahkan selalu butuh perjuangan dan air mata. Tapi kehidupan selalu adil, bagi siapa yang selalu ingin mencoba dan terus berusaha.

Menutup lembaran tahun ini, untuk pertama kalinya aku menghabiskan malam pergantian tahun di gereja. Aku datang dengan penuh syukur atas berkat Tuhan selama ini. Dan bersiap untuk menyongsong hari esok dengan penuh harapan akan hari depan yang lebih baik.

Dengan lutut bertelut, kami memasuki tahun ini dengan doa. Dengan penuh kerendahan hati, memohon Tuhan untuk berjalan bersama dalam mengarungi kehidupan ini. Dengan penuh rasa syukur, berterimakasih akan berkat dan anugrah yang telah diberikanNya selama ini. Walaupun berkatNya tak selalu datang dalam wujud yang menyenangkan,bahkan terkadang terlalu sakit untuk dilalui, namun itulah berkat yang membuat kepribadian kita menjadi lebih dewasa. Ya…setiap masalah dalam kehidupan ini selalu dapat ditilik dari sisi yang berbeda, asalkan kita mau membuka diri dan dengan kerendahan hati untuk menerimanya.

Setiap hari, setiap saat adalah awal yang baik untuk memulai segala sesuatu.

Tengah malam, pergantian tahun 2007 ke 2008.

No comments: